Kamis, 24 Maret 2011

Border Layout Pada Java

1. Coding Program.

2. Output Program.

3. Penjelasan Program.

1)      import javax.swing.*;
= Berfungsi untuk mengimport package dari library java, karena dalam program ini menggunakan tampilan GUI, karena GUI tidak tersedia maka kita harus mengimportnya terlebih dahulu.

2)      import java.awt.BorderLayout;
= Berfungsi untuk mengimport package dari library java, karena dalam program ini menggunakan tampilan dengan Layout Border, karena Layout tersebut tidak tersedia maka kita harus mengimportnya terlebih dahulu.

3)      public class aseborder extends JFrame {
= Mendeklarasikan bahwa JFrame bersifat publik, jadi bias di akses oleh class mana saja, tanpa terkecuali. dan aseborder mepakan nama dari JFrame tersebut.

4)      private JLabel nama = new JLabel ("CEK NILAI UTS");
= Membuat Label, dan “nama” merupakan nama identifier dari label tersebut, yang nantinya berguna apa bila ingin di tampilkan atau di panggil. “CEK NILAI UTS :” merupakan caption dari label tersebut dengan tipe class private jadi hanya bias di akses oleh turunan dari class tersebut.

5)      private JLabel nama2 = new JLabel ("NAMA / NPM :");
= Membuat Label, dan “nama2” merupakan nama identifier dari label tersebut, yang nantinya berguna apa bila ingin di tampilkan atau di panggil. “NAMA / NPM :” merupakan caption dari label tersebut dengan tipe class private jadi hanya bias di akses oleh turunan dari class tersebut.

6)      private JTextField text = new JTextField (10) ;
= Membuat field teks, dan “text” merupakan nama identifier dari label tersebut, yang nantinya berguna apa bila ingin di tampilkan atau di panggil. (10) merupakan ukuran dari field teks berikut. dengan tipe class private jadi hanya bias di akses oleh turunan dari class tersebut.

7)      private JTextField text2 = new JTextField (9) ;
= Membuat field teks, dan “text2” merupakan nama identifier dari label tersebut, yang nantinya berguna apa bila ingin di tampilkan atau di panggil. (9) merupakan ukuran dari field teks berikut. dengan tipe class private jadi hanya bias di akses oleh turunan dari class tersebut.
8)      private JButton ase = new JButton ("SUBMIT");
= Membuat J button, dan “ase” merupakan nama identifier dari label tersebut, yang nantinya berguna apa bila ingin di tampilkan atau di panggil.  "SUBMIT" merupakan caption dari Jbutton tersebut. dengan tipe class private jadi hanya bias di akses oleh turunan dari class tersebut.

9)      aseborder () {
setTitle ("Afiif Java Frame");
setSize (310,100);
= Berfungsi membuat frame dan memberi nama Frame tersebut dengan nama “Afiif Java Frame”, denga ukuran default frame 310,100.

10)  setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
= menentukan operasi default untuk menutup frame tersebut, karena (JFrame.EXIT_ON_CLOSE) maka Frae tersebut akan tertutup apabila close atau tanda silang di klik.

11)  setVisible (true);
= Berfungsi untuk menampilkan frame tersebut, apabila di isi dengan “false”, maka frame tersebut tidak akan di cetak pada layar.

12)  getContentPane().add(nama, BorderLayout.NORTH);
= Menampilkan konten dengan variabel nama, dengan menentukan posisi menggunakan border layout. dan berlokasi di utara/atas.

13)  getContentPane().add(nama2, BorderLayout.WEST);
= Menampilkan konten dengan variabel nama2, dengan menentukan posisi menggunakan border layout. dan berlokasi di barat/sebelah kiri.

14)  getContentPane().add(text, BorderLayout.CENTER);
= Menampilkan konten dengan variabel text, dengan menentukan posisi menggunakan border layout. dan berlokasi di tengah tengah/center.

15)  getContentPane().add(text2, BorderLayout.EAST);
= Menampilkan konten dengan variabel text2, dengan menentukan posisi menggunakan border layout. dan berlokasi di timur/sebelah kanan.


16)  getContentPane().add(ase, BorderLayout.SOUTH);
= Menampilkan konten dengan variabel ase, dengan menentukan posisi menggunakan border layout. dan berlokasi di selatan/bawah.

17)  public static void main (String[]args){
= Prosedur argument data String untuk awal eksekusi.

18)  new aseborder () ;
= Mebuat Frame aseborder beserta konten2 yg tertera di dalam frame tersebut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar