Rabu, 09 Januari 2013

Tutorial : Membuat Mug Dengan Blender


 
           Setelah masuk ke Blender hapus kubus yang telah di sediakan terlebih dahulu lalu pilih add – mesh – cylinder. Lalu klik dan drag pada viewport untuk menentukan ukuran silinder. Atau bsia juga menggunakan shortcut shift + a untuk add mesh.


           
a.       Tekan Tab pada keyboard,lalu ubah vertice pada kolom sebelah kiri menjadi 15 (bebas berapa saja).
b.      Lalu masuk  kedalam menu edit mode lalu pilih faces.
c.       Setelah itu pilih pada tutup atas dari silinder lalu tekan x / delete untuk menghapus dan membuat nya menjadi seperti bentuk gelas

Setelah itu dinding gelas akan di tebalkan dengan menggunakan object modifier. Pilih object modifier lalu pilih solidify setelah itu ubah thickness (ketebalan) menjadi 0.2000




Tekan Ctrl + R untuk menamnah segment pada silinder lalu scroll mouse untuk menambahkan jumlah segmen.
                     
Ubah view kedalah edit mode lalu pilih faces. Setelah itu pilih 2 kotak untuk di jadikan pegangan mug. Setelah itu tekan E lalu drag untuk meng Extrude kedua kotak tersebut.


 Menggabungkan ujung kedua sisi bagian tersebut. Klik kanan pada face bagian ujung tersebut tekan r, x, 45 [untuk membuat face miring 45o untuk terhadap sumbu x]. Lakukan hal yang sama untuk bagian yang sebelah bawah. r, x, -45. Atau bias juga dengan cara manual yaitu pilih rotate lalu geser mouse untuk me rotasi namun cara ini tidak efektif.



Pilih faces ujung gagang mug lalu delete agar bisa gabungkan dengan yang bawah.

Lalu Ubah view mode dari faces menjadi edge terlebih dahulu Pilih salah satu bagian gagang mug lalu  Klik Shift+klik kanan pada bagian gagang bawah(harus yang sejajar, apabila tidak sejajar maka proses penyambungan akan menghasilkan sambungan yang tidak rapih) ,kemudian klik F pada Keyboard. Untuk menyambung kedua edge

Setelah itu kita Mug di perhalus dengan menggunakan fitur smooth pada tab sebelah kiri. Kemudian klik Object modifier lalu klik add modifier,lalu pilih subdivision surface.

Pada proses pertama masih terdapat beberapa bagian yang kurang halus maka dapat di rapihkan dengan cara masuk ke Edit mode(Tab) . lalu klik Ctrl+r untuk menggeser sisi tersebut agar terlihat lebih rapi.


Menambahkan warna pada Mug masuk kedalam material pada tab kanan lalu diffuse untuk memilih warna 

Render Mug tersebut dengan menggunakan menekan tombol F12 dan hasilnya akan seperti ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar